NubieReview.com

Game, Software, Hardware Review

Nintendo Switch, hadirnya konsol dengan konsep baru, video game hybrid!

nintendo-switch-4gb-ram-32gb-storage

line

Halo noobers, sudah lama sekali semenjak artikel terakhir di bahas dalam website ini, maklum karena banyaknya pekerjaan di kantor jadi akhirnya baru bisa kembali menulis review untuk kalian semua, hehe.

Kali ini kita akan membahas tentang konsol terbaru besutan Nintendo, yaitu Switch. Sebenarnya mau ngebahas tentang PS4 Pro dan Slim tapi, karena sepertinya sudah kadaluarsa jadi kita lompat saja ke berita paling baru, hehehe.

Oke, balik lagi ke si Switch, pada tahun 2015, mendiang Satoru Iwata (President Nintendo pada saat itu) dalam sebuah konferensi pers menkonfirmasikan bahwa Nintendo sedang mengembangkan sebuah konsol terbaru dengan kode “NX” yang akan membawa konsep baru dalam dunia gaming.

Pada April 2016 Nintendo mengumumkan bahwa, NX akan rilis di seluruh dunia pada Maret 2017 sayangnya, walaupun sudah ditunggu-tunggu banyak gamers, NX tidak menunjukkan rupanya di ajang E3 pada bulan Juni 2016 yang lalu. Bukan tanpa alasan, sebenarnya Nintendo ingin membawa NX dan memperkenalkannya ke publik namun, mereka berpikir para kompetitor akan meniru ide dari NX jika mereka memperkenalkannya terlalu cepat (pinter juga Nintendo,hehe).

Akhirnya pada tanggal 20 Oktober lalu NX menunjukkan rupa aslinya dalam sebuah video trailer dan rupanya sudah berganti nama menjadi, “Switch”. Dalam trailer tersebut Nintendo memperlihatkan bahwa, Switch memang merupakan sebuah konsol dengan ide yang benar-benar baru, gamer dapat memainkan game kesukaan mereka kapanpun, dimanapun, dan dengan siapapun yang mereka mau, wooowww!.

Di rumah Switch dapat diletakkan pada “dock” yang terkoneksi pada TV sehingga kalian dapat bermain bersama keluarga di rumah. Jika ingin membawa Switch ke luar rumah simple saja, tinggal cabut Switch dari “dock”nya dan secara instant Switch akan berpindah ke mode portable sehingga kalian dapat tetap  melanjutkan bermain game tanpa henti (hati-hati, ingat kesehatan :D).

Sebagai konsol dengan ide yang benar-benar baru, Nintendo Switch juga hadir dengan sebuah controller dengan desain yang baru dan unik pula yaitu, Joy-Con. Terbagi menjadi 2 bagian yaitu “L” (kiri) dan “R” (kanan) keduanya dapat di lepas dari bingkai utamanya dan dipasang pada kedua sisi pada layar Switch. Keunikan lainnya, kedua bagian controller tersebut juga dapat digunakan secara terpisah oleh 2 orang player jadi nantinya tidak harus beli 2 controller untuk bermain berdua bersama teman, luar biasa, hehehe.

Sayangnya sampai saat ini Nintendo enggan memberikan spesifikasi detail dari konsol anyar mereka ini, rencananya baru awal tahun depan yaitu pada tanggal 13 Januari 2017 Nintendo akan membeberkan spesifikasi detail, harga, dan game-game yang akan hadir menemani Switch pada awal peluncurannya. Nintendo berencana akan memasarkan 2 juta unit Switch pada akhir Maret nanti ke seluruh dunia dan, dengan banyaknya dukungan dari developer game seperti Square Enix, EA, Activision, dll, rasanya Switch akan jadi pesaing yang mumpuni bagi Playstation 4 dan XBox One.

Related Article

You are here: Home Review Game Nintendo Switch, hadirnya konsol dengan konsep baru, video game hybrid!